Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Tips Hadapi Ujian Nasional dan Ujian Sekolah

 
9-tips-sukses-menghadapi-ujian-nasional-dan-ujian-sekolah
Ilustrasi siswa sedang belajar (foto : Dion)

biliksantri.com - Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah (US) sebentar lagi akan dilaksanakan. Sudahkah kamu siap menghadapinya? Sudahkah mengatur pola belajar yang benar? Kesuksesan dalam mengerjakan soal-soal UN dan US tidak tercapai secara kebetulan, namun dengan persiapan matang dan pola belajar yang tepat. Mentalmu harus disiapkan, kuasai materi-materi pelajaran dan siap mengerjakan soal di ruang ujian. Pada kesempatan kali ini kami akan bagikan tips sukses dalam menghadapi  ujian

9 Tips Sukses Hadapi Ujian Nasional dan Ujian Sekolah


1. Membuat rincian materi pada kisi-kisi


Membuat rincian materi dapat bermanfaat bagi kamu dalam mempermudah dalam belajar.Yang lebih baik yakni membuat peta konsep materi-materi.

2. Belajar secara rutin & jangan kebut semalaman


Belajar secara rutin sangat bermanfaat dari pada belajar kebut semalam. Sistem kebut Semalam (SKS) sangatlah kurang efektif. Pelajari materi-materi per bab/konsep.


3. Mengelompokkan soal latihan


Berlatihlah soal-soal berdasarkan pengelompokan materi. Itu akan mempermudah memahami materi dan menerapkan konsep, baik tipe soal maupun cara mengerjakannya.


4. Efektif dalam menggunakan waktu


Menggunakan waktu secara bijaksana. Selalu melakukan hal-hal yang produktif dan memprioritaskan belajar daripada kegiatan yang kurang bermanfaat.


5. Sering latihan soal Try Out dan Prediksi


Soal try out dan prediksi dibuat sesuai kisi-kisi yang ada. Sehingga jika kamu sering mengerkan soal-soal, maka semakin terbiasa dengan bentuk soal yang muncul.


6. Biasakan menggunakan laptop atau gawai (HP)


Zaman sekarang sudah canggih. Manfaatkan laptop dan gawai kamu untuk latihan soal secara online dan searching dan selalu update informasi tentang Ujian Nasional.


7. Jaga kesehatan fisik dan mental


Selalu jaga kondisi, terapkan pola hidup sehat, konsumsi makanan-minuman yang sehat dan bergizi. Jangan grogi dalam menghadapi UN dan US yang penting YAKIN..!


8. Minta do'a dan restu Orang tua dan Guru


Mintalah do'a dan restu kepada orang tua dan guru. Supaya diberi kemudahan dalam mengerjakan soal-soal.


9. Selalu Berdo'a


Biasakan melaksanakan sholat-sholat sunah terkhusus sholat dhuha. Selalu Optimis, semangat. Selalu berusaha sebaik mungkin dan berpikir positif. YAKIN BISA...!

Akhir kata semoga informasi tentang 9 Tips Hadapi Ujian Nasional dan Ujian Sekolah ini bisa bermanfaat untuk anda sekaligus dapat menjadi acuan dalam program belajar anda.

(Dion/Lim)

Posting Komentar untuk "9 Tips Hadapi Ujian Nasional dan Ujian Sekolah"