• Jelajahi

    Copyright © Bilik Santri
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    PC IPNU IPPNU Jepara Instruksikan PAC dan Ranting Cegah Penularan Covid-19

    Kamis, 19 Maret 2020, 6:42:00 AM WIB Last Updated 2020-03-19T00:10:25Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    Jepara, biliksantri.com - Merebaknya penularan Corona Virus Desease (Covid-19) di Indonesia, membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan darurat virus Corona secara Nasional. Hal itu disampaikan oleh Presiden Jokowi beberapa hari yang lalu. Warga Indonesia diminta tak melakukan aktivitas di luar rumah. Bahkan sebagian daerah menghentikan sementara kegiatan belajar mengajar di sekolah, baik tingkat TK sampai Perguruan Tinggi. Pembelajaran diganti dengan belajar di rumah secara daring/online dengan batas waktu 14 hari yang sifatnya dinamis. Diantara daerah tersebut yakni Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan lain-lain.

    Khusus Jawa Tengah, melalui Gubernur Ganjar Pranowo juga menginstruksikan daerah kabupaten/kota untuk sementara tak berpergian keluar rumah kecuali ada keperluan yang sangat penting.

    Menanggapi hal itu, Pemerintah Kabupaten Jepara bergerak cepat dengan mengeluarkan kebijakan dengan stakeholder yang ada untuk mencegah virus Corona masuk ke Jepara.

    Langkah Pemkab tersebut juga didukung dengan berbagai elemen masyarakat. Salah satunya yakni Pimpinan Cabang (PC) IPNU IPPNU Jepara yang menginstruksikan kepada Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan Pimpinan Ranting (PR) IPNU-IPPNU Se-Kabupaten Jepara berkaitan dengan upaya pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (covid-19).

    Jumlah pasien positif Corona yang terus meningkat, maka PC IPNU Jepara melalui surat edaran bernomor 148/PC/A/XXVII/7354/III/20 tanggal 16 Maret 2020 dan surat edaran PC IPPNU Jepara 112/PC/7455/XXVII/III/2020 tanggal 16 Maret 2020 mengintruksikan beberapa point penting yang harus diperhatikan, yakni:

    1.    Tetap tenang dan tidak panik, senantiasa menjalankan perilaku hidup sehat, serta terus menjaga kebersihan diri dan lingkungan;

    2.    Menunda kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak orang (pelantikan, konferensi, pelatihan, dll) selama 14 (empat belas) hari ke depan;

    3.    Tidak terpengaruh  berita HOAX terkait wabah COVID-19 yang bererdar di internet maupun media sosial.

    4. Memanfaatkan waktu belajar di rumah dengan sebaik-baiknya, bisa memanfaatkan aplikasi yang tersedia seperti rumah belajar dari kemendikbud, dapat diakses di https://belajar.kemendikbud.go.id

    5.    Terus berdoa kepada Allah SWT, memohon keselamatan dan pertolongan untuk diri, keluarga, masyarakat Indonesia, dan umat di seluruh dunia agar dapat segera terbebas dari wabah COVID-19.
     
    6. Membaca qunut nazilah, sholawat thibbil qulub,  dan doa tolak balak dari para ulama sebagai ikhtiar kita kepada Allah swt agar seluruh bangsa Indonesia terselamatkan dari virus dan bencana ini.

    Ketua PC IPPNU Jepara, Wiwik Widayati mengungkapkan intruksi tersebut memang harus dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus corona dan demi kemaslahatan bersama.

    "Kami melakukan hal yang sama berdasarkan intruksi IPPNU pusat dan Pemda Jepara," tuturnya.

    Selain itu ia juga mengatakan dalam dua minggu ke depan PC IPNU IPPNU tetap melakukan kordinasi melalui media online dengan seluruh jajaran kepengurusan di bawahnya.

    "Manfaatkan waktu ini sebaik mungkin, selamat belajar, berjuang, bertaqwa," tandasnya.



    (If/Lim)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini lainya