Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna Panggilan Habib dan Sayyid Bagi Keturunan Rasulullah SAW

habibluthfi
Habib Luthfi

Biliksantri.com - Panggilan 'Habib' dan 'Sayyid' merupakan panggilan kehormatan kepada seorang keturunan Baginda Nabi Muhammad SAW, dari jalur Sayyidah Fatimah az-Zahra ra (Siti Fatimah) dan Sayyidina Ali bin Abi Thalib ra.

Di Indonesia, khususnya di Jawa Tengah, kita mengenal panggilan 'Raden' atau 'Raden Mas' kepada seseorang yang keturunan saja, keluarga kerajaan atau bangsawan.

Sementara di Banten, mereka dikenal dengan 'Tubagus'. Di Sulawesi dikenal dengan sebutan 'Andi' atau 'Karaeng' dan sebagainya, intinya masing-masing daerah memiliki perbedaan dalam mengstilahkannya. 

Begitu juga dengan 'Habib' dan 'Sayyid'. Itu adalah panggilan kehormatan untuk semua keturunan Baginda Nabi Muhammad SAW. Untuk laki-laki 'Habib' dan 'Sayyid', sedangkan untuk perempuan disebut 'Hubabah' dan 'Syarifah'. 

Satu daerah dan daerah lain berbeda-beda pengistilahannya. 'Sayyid' untuk laki-laki dan 'Sayidah' untuk perempuannya, ini populer di Mesir, Maroko dan Persia.

Adapun 'Habib' untuk laki-laki dan 'Hubabah' untuk perempuannya, istilah ini banyak dikenal di Indonesia dan Hadhramaut (Yaman).

*Diambil dari sumber Buku Umat Bertanya, Habib Luthfi Menjawab hal.152

Posting Komentar untuk " Makna Panggilan Habib dan Sayyid Bagi Keturunan Rasulullah SAW"