• Jelajahi

    Copyright © Bilik Santri
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    9 Cara Efektif Solusi Ngaji Live Streaming Saat Pandemi

    Senin, 04 Mei 2020, 8:51:00 PM WIB Last Updated 2020-05-04T13:51:56Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    Ilustrasi ngaji streaming

    Biliksantri.com - Mengaji dan Live Streaming, dua hal yang sangat berbeda dalam dunia keseharian. Namun sekarang kedua hal tersebut berjalan beriringan. Ya, Ngaji dengan cara live streaming saat ini sangat populer di kalangan para santri terutama mereka yang telah pulang ke rumah karena adanya pandemi Covid-19.

    Dunia pesantren yang diidentikan kaum “sarungan” mulai memanfaatkan sistem teknologi ini untuk melaksanakan pengajian kitab kuning secara jarak jauh. Cara ini di bulan ramadhan bisa menjadi sebuah solusi bagi pesantren yang ada di daerah PSBB ataupun lainnya.

    Cara itupun dilakukan oleh santri Pondok Pesantren Fathul Huda Karanggawang, Sayung, Demak. Pengajian live streaming setiap hari bakda dhuhur, ashar, dan tarawih dengan kajian kitab al-Mizanu al-Kubro dan kitab lainnya.

    Hal yang sama juga diterapkan oleh Pondok pesantren Al-Ishlah Sempalwadak Bintoro Demak dengan Kitab Ayyuhal Walad setiap bakda tarawih. Serta masih banyak pondok pesantren lain yang juga menggunakan metode live streaming dalam pengajian kitab kuningnya.

    Tujuan ngaji live streaming ini agar rutinitas (ke-istiqomah-an) pengajian ramadhan tetap terjaga dan tidak hilang oleh zaman.

    Meski demikian, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh seseorang jika hendak mengikuti kegiatan ngaji live streaming agar lebih efektif dan lancar, yaitu:

    1. Siapkan kuota internet/wifi, gunakan provider yang sinyal dan jaringannya bagus di wilayah anda agar proses ngaji bisa lancar tanpa buffering.
    2. Gunakan laptop ataupun smartphone (HP) yang bisa digunakan streaming seperti Facebook dan Youtube.

    3. Catat jadwal pengajian yang akan kalian ikuti agar ? tidak ketinggalan ngaji. Serta atur waktu agar tidak mengganggu aktivitas wajib anda dan bisa mengikuti pengajian secara utuh.

    4. Carilah channel dan guru dalam ngaji online melalui media sosial tersebut dengan sanad yang jelas sampai ke Rasulullah SAW.

    5. Siapkan kitab yang dikaji, bisa beli hard file nya atau download soft file nya di internet.

    6. Jangan melakukan aktivitas ganda saat sedang ngaji online agar tetap fokus.

    7. Cari tempat yang menurut kalian nyaman untuk mendengarkan dan memahami dengan baik.

    8. Sampaikan dan diskusikan dengan keluarga bahwa akan mengikuti pengajian live streaming agar keluarga mengerti.

    9. Akan lebih baik jika mengajak sekeluarga untuk ngaji live streaming bersama.

    Demikian cara efektif mengikuti ngaji live streaming , semoga bermanfaat bagi kalian semua.

    Ahmad Faiz Yahya
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini lainya

    NamaLabel

    +