Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hari Maulid Nabi Muhammad SAW



Biliksantri.com - Senin, 12 Robi'ul Awal tahun Gajah, lahir orang paling mulia di dunia, Muhammad. Dengan lahirnya beliau, menandakan awalnya cahaya kebenaran dan lenyapnya kemungkaran di Jazirah Arab dan dunia.

Berbagai cara kita tunjukkan sebagai rasa mahabbah (cinta) kepada Nabi Muhammad Saw dalam .  Kalangan Nahdliyyin (NU) merayakannya dengan Maulid Nabi, memperbanyak sholawat, membaca syair-syair pujian dari ulama Salaf dan Kholaf.

Terpenting adalah membaca sholawat atas Nabi Muhammad Saw, dan keluarga beliau. Salah satu hikmah dalam sholawat ialah menegaskan kembali bahwa seorang nabi/rasul adalah manusia biasa bukan anak Tuhan (yang disematkan kepada Nabi Isa AS).

Hal ini berdasar pada sholawat atas Nabi Saw,


 اللهم صل على سيدنا محمد

"Ya Allah, semoga panjenengan memberi rahmat ta'dzim kepada baginda Nabi Muhammad saw"

Bahwa Nabi Muhammad Saw selalu dimohonkan rahmat oleh malaikat dan orang-orang mukmin. Yang mana doa itu akan melebar rahmat kepada orang yang mengucapkannya.

Kita juga diperintahkan bersholawat kepada beliau dalam surat Al-Ahzab ayat 56.


"Sesungguhnya Allah dan para malaikat bersholawat untuk Nabi saw, wahai orang-orang yang beriman! Bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya."

Jadi, tidaklah ada larangan dalam bersholawat kepada Baginda Nabi Muhammad Saw, melainkan perintah langsung dari Allah SWT.

(Abuhai)

Posting Komentar untuk " Hari Maulid Nabi Muhammad SAW"

Berlangganan via Email