Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Parist Kudus Adakan Pelatihan dan Monitoring Penerbitan Buku



Kudus, biliksantri.com
- Paradigma Institut (Parist) Kudus didukung oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI mengadakan Pelatihan dan Penerbitan Buku di Rumah Makan Gentong Sehat, Getas Pejaten, Kec. Jati pada Jumat (11/12/2020).

Pelatihan ini difokuskan mengenai tata cara manajemen penerbitan, pembuatan konten kreatif dan lain sebagainya.

Adapun narasumber yang hadir yakni Rosyidi (Pemimpin Redaksi Suaranahdliyin.com) dan Mirza Muhammad Iqbal (Penulis dan Creator Content). Acara dipandu oleh perwakilan Parist Kudus yakni Ade Achmad Ismail.

Menurut Rosyidi, bisnis di penerbitan buku itu memiliki dua keuntungan profit. Disamping profit materi, para anggotanya juga mendapat profit intelektual.

"Itu akan membantu pengembangan SDM bagi masyarakat Indonesia," katanya.

Ia menambahkan, selain penerbitan, Parist harus mengembangkan daya saing penulisan. Jika tidak ada naskah orang lain yang diterbitkan, anggota Parist harus menulis bukunya sendiri untuk diterbitkan. Karena menurutnya, menulis buku adalah bisnis kata-kata.

Pada proses editing naskah, ia mengakui menjadi kegiatan yang menjenuhkan. Butuh kesabaran dan ketelitian sebelum naskah itu terbit dalam bentuk buku.

"Yakinlah akan bisnis kreatif di bidang intelektual," kata mantan wartawan Suara Merdeka itu.

Sementara itu, Mirza Muhammad Iqbal lebih mengajak para peserta pelatihan untuk memperhatikan 'pasar' yang kita tuju. Pembuatan konten gambar dan tulisan setidaknya dapat dipahami dan interest (menarik) bagi orang lain.

Peserta yang hadir dalam acara ini sekitar 20 orang. Selanjutnya, akan diadakan follow up sebagai tindak lanjut pertemuan pertama ini.

Lim

Posting Komentar untuk " Parist Kudus Adakan Pelatihan dan Monitoring Penerbitan Buku"

Berlangganan via Email