Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Porseni PAC Mayong: Lomba Bussines Plan, Cikal Bakal Lembaga Ekonomi PAC

Peserta melakukan presentasi hasil proposal Bussines Plan


Jepara, biliksantri.com - Bussines Plan adalah salah satu lomba yang digelar oleh PAC IPNU IPPNU Mayong pada Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) ke-XIII di SMA Al Hikmah Mayong, Minggu (24/01/2021). Lomba itu kali pertama diikutkan guna menjaring kreativitas kader IPNU IPPNU yang ada di Kecamatan Mayong agar mampu menggerakkan organisasi dalam bidang ekonomi (usaha). Lomba Bussines Plan tersebut diikuti oleh 7 ranting yang terdiri dari 1-2 orang per ranting. 

Menurut koordinator lomba, Fahrizal Aminudin mengatakan tujuan awal diadakan lomba yakni membentuk lembaga ekonomi yang tidak ada di kepengurusan PAC sebelumnya. Ia melihat di PAC IPNU IPPNU Mayong belum punya lembaga yang bergerak dalam bidang ekonomi. 

"Sehingga organisasi belum bisa 'menghidupi' dirinya sendiri di setiap menjalankan tugas," katanya. 

Dewan Juri dan peserta lain memperhatikan saat presentasi Bussines Plan
 

Rizal mengungkapkan juara dalam lomba ini rencananya akan direalisasikan dan digerakkan oleh PAC IPNU IPPNU Mayong kedepan. Sekaligus memberi bekal keterampilan kepada kader NU tersebut. Tetapi karena dirasa terlalu dini dan berat, akhirnya tema yang diberikan di Bussines Plan ini dibebaskan. 

Sebelumnya, peserta lomba mengirimkan rencana bisnisnya dalam bentuk proposal ke panitia lomba. Kemudian dilihat kembali oleh juri dan dilanjutkan dengan presentasi peserta. Ide yang terpilih akan diadopsi oleh PAC IPNU IPPNU Mayong agar ditindaklanjuti kepengurusan selanjutnya.

Pada media presentasi, lanjut Rizal, ada penilaian tersendiri yang lebih dari juri. Jadi, peserta tidak diwajibkan membawa produk bisnisnya. 

Harapan lomba ini yakni agar pemuda IPNU IPPNU memiliki pemikiran untuk membuat bisnis sendiri. Ide yang disampaikan saat presentasi dapat dikembangkan lebih lanjut.

*Widya Bintari adalah salah satu peserta lomba jurnalistik dari PR IPNU IPPNU Kuanyar

Editor: Salim

Posting Komentar untuk " Porseni PAC Mayong: Lomba Bussines Plan, Cikal Bakal Lembaga Ekonomi PAC"

Berlangganan via Email