Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harlah ke-67, PW IPNU Jateng Gelar Bedah Buku KH. Mohammad Tolchah Mansur

Penulis Buku KH. Mochamad Tolchah Mansur: Biografi Profesor NU yang Terlupakan, Muhammad Fahsin Faal menerangkan isi buku.
 Penulis Buku KH. Mochamad Tolchah Mansur: Biografi Profesor NU yang Terlupakan, Muhammad Fahsin Faal menerangkan isi buku. (Dok. IG PW IPNU Jateng)

Semarang, Biliksantri.com - Dalam rangka memperingati Harlah IPNU ke-67, Pimpinan Wilayah (PW) IPNU Jawa Tengah menggelar Bedah Buku "KH. Mohammad Tolchah Mansur, Biografi Profesor NU yang Terlupakan" lewat link zoom meeting dan live streaming YouTube pada Selasa (23/02/2021) di aula kantor PWNU Jawa Tengah.

Tujuan bedah buku ini agar generasi muda NU mengetahui perjuangan Sang Pendiri IPNU itu yang mulai terlupakan.

Penulis Buku, M. Fahsin Faal menjelaskan, semasa kecil KH. Mochamad Tolchah Mansur sudah menggunakan kacamata karena dihabiskan untuk membaca.  Beliau menempuh pendidikan umum, tetapi ilmu agama bisa dikuasai dengan berbekal ngaji posonan di pesantren. 

"Ia dari keluarga biasa, namun kegigihannya dalam belajar sangat luar biasa," kata Fahsin. 

Lebih lanjut, ia mengatakan KH. Mochamad Tolchah Mansur pernah menjadi Wakil Gubernur di Yogyakarta melalui Partai Politik NU pada mas itu. Meski sempat menjadi rektor di banyak tempat, ia masih mengajar di Madrasah Muallimat, mengisi khutbah Jum'at dan pengajian umum di Makasar. 

"Yang paling mengesankan yakni dalam 2 tahun dapat mendirikan 100 cabang IPNU," ujarnya.

Sementara itu salah satu peserta bedah buku, Hamam Nasirudin merasa bangga dapat mengikuti bedah buku tersebut. Meski diadakan secara online, acara ini sangat menarik untuk menambah wawasan terhadap pendiri IPNU. 

"Akhirnya dapat ilmu dari penulisnya meskipun secara online," ungkap Ketua PAC IPNU Mayong itu. 


(Tri/Lim)

Posting Komentar untuk " Harlah ke-67, PW IPNU Jateng Gelar Bedah Buku KH. Mohammad Tolchah Mansur"

Berlangganan via Email