Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tingkatkan Skill Menulis, KKN DR 197 IAIN Salatiga Adakan pelatihan Jurnalistik dengan Biliksantri

redaktur-biliksantri.com-muhammad-nur-salim
Muhammad Nur Salim sedang memaparkan materi dasar-dasar jurnalistik (Dok. KKN DR 197 IAIN Salatiga)


Kudus, biliksantri.com - Dalam rangka meningkatkan Skill menulis, Mahasiwa Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN DR) 197 IAIN Salatiga membangun kerja sama dengan mengadakan Pelatihan Jurnalistik bersama dewan redaksi Biliksantri.com pada Ahad (21/02/2021) di Kelurahan Wergu Wetan Kabupaten Kudus.

Dengan Mengusung tema Membuka Wacana dengan Goresan Pena, Ketua Tim KKN DR 197 IAIN Salatiga Muhammad Ulul Albab menjelaskan bahwa tujuan diadakannya Pelatihan itu adalah untuk meningkatkan ilmu kepenulisan para pemuda-pemudi setempat. Hal ini agar mereka lebih kreatif dalam berfikir dan mengembangkannya dalam bentuk tulisan.

"Agar Warga desa Wergu Wetan memiliki skill kepenulisan dan wawasan luas," ujarnya.

Sementara itu, Muhammad Nur Salim, salah satu redaktur biliksantri.com media resmi milik PAC IPNU IPPNU Mayong, menjelaskan tentang seluk beluk Jurnalistik dari awal sampai abad 21 kini. Menurutnya, Jurnalistik sudah berkembang sedemikian rupa. Terlebih akses internet yang kian merebak, hal itu dapat memudahkan seseorang untuk mengakses informasi di dalamnya. Tidak  seperti dulu, di era digital seperti ini tanpa hitungan jam bahkan menit, suatu peristiwa dapat diberitakan dengan cepat dan singkat.

"Sehingga nyaris tak ada peristiwa yang terlewatkan," ungkapnya.

Lebih lanjut, Salim menjelaskan bahwa semua orang bisa jadi penulis. Tetapi tidak semua orang bisa menjadi seorang wartawan. Hal itu karena profesi wartawan itu dilindungi undang-undang dan cara kerjanya itu dilandasi oleh kode etik jurnalistik.

"Inilah yang membedakan antara wartawan asli dan tidak," katanya.

Selain menyelenggarakan kegiatan pelatihan Jurnalistik, KKN DR 197 IAIN Salatiga sebelumnya juga menyelenggarakan acara serupa seperti pelatihan design grafis dan mendongeng.

Hadir dalam pelatihan ini yakni para mahasiswa KKN DR IAIN Salatiga, Mahasiswa IAIN Kudus dan Karang Taruna Kelurahan Wergu Wetan.


(Al/If)

Posting Komentar untuk " Tingkatkan Skill Menulis, KKN DR 197 IAIN Salatiga Adakan pelatihan Jurnalistik dengan Biliksantri "

Berlangganan via Email