Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Tayamum ?

Ilustrasi tayamum(Doc. Biliksantri.com


Biliksantri.com - Tayamum merupakan salah satu cara bersuci, baik dari hadats kecil maupun hadats besar. Namun, tayamum bukanlah media utama untuk bersuci karena sesungguhnya fungsi tayamum merupakan pengganti dari media bersuci primer, yakni wudhu dan mandi wajib.

Salah satu syarat sahnya salat adalah suci dari hadats besar maupun hadts kecil. Untuk menghilangkan hadats besar maupun kecil, yaitu dengan berwudu dan mandi wajib. Ketika tidak bisa bersuci dengan wudu ataupun mandi wajib, agama Islam memberikan solusi, yaitu dengan bertayammum.

Adapun definisi tayammum menurut Syaikh Muhammad bin Qasim al-Ghazziy dalam kitabnya yang berjudul Fathul Qorib,

 والتيمم لغة القصد وشرعاً إيصال تراب طهور للوجه واليدين بدلاً عن وضوء أو غسل، أو غسل عضو بشرائط
مخصوصة

Tayamum secara etimologi ialah menyengaja. Sedangkan secara terminologi/ syar'i ialah mendatangkan debu yang suci mensucikan pada wajah dan kedua tangan sebagai ganti dari wudhu, mandi, atau basuhan dengan syarat tertentu.

Adapun dalil dari hadits yang di syariatkan agama Islam adalah sabda Rasulullah shollallahu ‘alaihi was sallam dari sahabat Hudzaifah Ibnul Yaman rodhiyallahu ‘anhu,

« وَجُعِلَتْ تُرْبَتُهَا لَنَا طَهُورًا إِذَا لَمْ نَجِدِ الْمَاءَ »


“Dijadikan bagi kami (ummat Nabi Muhammad shollallahu ‘alaihi was sallam ) permukaan bumi sebagai thohur/sesuatu yang digunakan untuk besuci (tayammum) jika kami tidak menjumpai air”.

Disarikan dari kitab التذهيب فى أدلة متن الغاية والتقريب dan menyingkap sejuta permasalahan dalam Fathul Qorib

(Mus/Lim)

Posting Komentar untuk "Apa itu Tayamum ?"

Berlangganan via Email