Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pahami Peran dan Fungsi Partai Politik, Mahasiswa PPI IAIN Kudus Gelar Diskusi

Ketua DPC PDIP Jepara, Andang Wahyu Triyanto sedang memaparkan materi
Ketua DPC PDIP Jepara, Andang Wahyu Triyanto sedang memaparkan materi (Doc. Biliksantri)

Jepara, biliksantri.com - Dalam rangka menambah wawasan serta pemahaman tentang peran dan fungsi partai politik untuk pembangunan daerah, Mahasiswa Pemikiran Politik Islam (PPI) IAIN Kudus mengadakan diskusi bersama dengan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Jepara. Kegiatan itu berlangsung secara daring melalui Zoom meeting pada Sabtu, (27/02/2021). 

Praktisi politik yang juga ketua DPC PDIP Jepara, Andang Wahyu Triyanto dalam diskusi itu menjelaskan, tindakan anggota partai harus sejalan dengan visi dan misi partai. Selain itu, partai politik juga memiliki tiga tingkat fungsi, mulai dari tingkat masyarakat, tingkat sistem politik, dan tingkat kehidupan sehari-hari.

"Partai memiliki struktur dari pusat hingga daerah dan itu harus selaras," katanya. 

Lanjut Andang menjelaskan, peran partai politik adalah mewakili, membentuk dan merekrut warga negara dalam politik, merumuskan tujuan kolektif bagi masyarakat, mengartikulasikan dan mengagresikan berbagai kepentingan masyarakat, sosialisasi politik bagi warga negara, dan mobilisasi masyarakat agar terlibat dalam politik.

"Partai memiliki peran dan fungsi dalam menjalankan tugasnya di masyarakat," lanjutnya.

Sementara itu, Akademisi bidang politik yang juga dosen IAIN Kudus,Umi Qodarsasi, menegaskan bahwa partai politik berperan sebagai penampung dan penyampai aspirasi masyarakat. Sedangkan Fungsi partai politik adalah sosialisasi, artikulasi, agregasi dan komunikasi politik.

"Partai memiliki beberapa fungsi dan peran," tuturnya.

Selain itu, ketua panitia diskusi, Shalahuddin Abdul Jabbar berharap, dengan adanya seminar ini mahasiswa program studi PPI dapat memahami fungsi dan peran partai politik dari sudut pandang yang berbeda, baik dari segi seorang praktisi maupun akademisi.

"Sudut pandang praktisi politik dan akademisi hampir sama yakni untuk menyejahterakan rakyat," ungkapnya.

Hadir dalam diskusi itu yakni, Andang Wahyu Triyanto dan Junarso yang merupakan seorang praktisi politik DPC PDIP Jepara. Akademisi bidang politik, Umi Qodarsasi dan Siti Malaikha Dewi juga turut memantik Diskusi itu, dan puluhan Mahasiswa Program Studi  Pemikiran Politik Islam (PPI) IAIN Kudus. 


(Endang/Abdul/Ham/If)


Posting Komentar untuk " Pahami Peran dan Fungsi Partai Politik, Mahasiswa PPI IAIN Kudus Gelar Diskusi"

Berlangganan via Email