Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KH Ali Irfan Mukhtar, Sosok Pendidik yang Toleran dan Moderat


Jepara, biliksantri.com - Sikap dan Perjuangan KH. Ali Irfan Mukhtar dalam mengembangkan toleransi dan moderasi keberagamaan patut menjadi contoh bagi siapapun. Hal itu dibahas dalam dialog interaktif dalam rangka Khaul ke-4 KH. Ali Irfan Mukhtar yang di laksanakan di Hall SMA-SMK Islam Jepara pada Sabtu, (22/05/2021).

Mien Akhdieati, putri sulung Ali Irfan mengakui bahwa beliau memang merupakan sosok yang sangat toleran. Hal itu dibuktikan dengan latar belakang tradisi keberagamaan ayahandanya adalah NU dengan amaliyah nahdliyyah yang teguh. Namun disamping itu beliau memilih jalur pendidikan yang beda dengan tradisi keberagamaannya.

"Beliau menempuh gelar sarjana muda di IKIP Muhammadiyyah Solo (sekarang UMS) dan pernah mengajar di SR Masehi Jepara pada tahun 60-an," ungkapnya.

Lanjut Mien mengatakan, sosok ayahnya bagi keluarga adalah teladan yang sangat kompleks mulai dari pendidikan, toleransi, dan moderasi agama.

"Untuk itulah, setiap haul kami mencoba membingkai dengan tema tertentu," kata Mien.

Sementara itu, Kris Budianto salah satu murid di SR Masehi juga mengatakan KH. Ali Irfan Mukhtar adalah teladan yang ikhlas, sederhana dan mempunyai tujuan hidup bahagia di dunia-akhirat.

"Sikap hidup Pak Ali yang profesional, proporsional dan prosedural, kami warisi dan lakukan sampai sekarang", pungkas pria yang kerap disapa Om Kris, yang juga pengaransemen lagu Himne dan Mars UNISNU itu.

Zakaria Anshori selaku ketua panitia Kegiatan Khaul itu menerangkan rangkaian acara dilengkapi dengan Khatmil Qur'an bin Nadhor oleh dosen UNISNU, kemudian Ziarah bersama Makam KH. Ali Irfan di pemakaman Randu Sampir Krapyak dan puncaknya dialog interaktif dengan tema meneladani toleransi dan keberagamaan.

Hadir dalam kegiatan ini yakni, Kris Budianto (Jemaat GKMI Jepara, murid SR Masehi) dan Hendro Martojo (Bupati Jepara 2002-2012) melalui daring, serta KH. Masunduri (Ketua Baznas Jepara 2016-2021) dan KH. Fakhrurrozi (Ketua PD Muhammadiyah Jepara) secara luring.

(Zak/If)

Posting Komentar untuk " KH Ali Irfan Mukhtar, Sosok Pendidik yang Toleran dan Moderat "

Berlangganan via Email