Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Aktivitas yang 'Membunuh' Kreativitas, Satu Diantaranya Sering Kita Lakukan

aktivitas

Biliksantri.com - Di masa pandemi Covid-19 yang tak kunjung reda, aktivitas kita bisa dikatakan normal dalam ketidaknormalan. Artinya semua yang dilakukan sudah menjadi kewajaran selama dua tahun terakhir. Namun, bukan berarti kelangsungan hidup berakhir. Hanya butuh kejernihan hati dan pikir dalam memahami situasi kondisi saat ini. 

Perlu kreativitas berpikir dan manajemen hidup dalam bertindak. Oleh karena itu, baik pandemi atau tidak, sebetulnya langkah itu sama, meski cara yang dilakukan sedikit berbeda.

Kemampuan menciptakan sesuatu yang berbeda dari yang sudah ada, menjadi hal lumrah di masa pandemi. Banyak diantara kita banting setir dalam memenuhi kebutuhan primer. Orang yang tidak mau berkreativitas, akan kesulitan menghadapi tantangan ini. 

Kreativitas muncul dalam diri seorang yang berjiwa ingin tahunya tinggi. Suka bereksperimen dan tantangan. Hal itu perlu dilatih melalui pelatihan, pendidikan dan pengalaman.

Hati dan otak kita jangan dibuat manja. Menikmati yang sudah ada, sehingga lupa bahwa dunia itu berputar dan berubah. Berikut adalah 6 aktivitas yang akan 'membunuh' atau sekiranya menghambat kreativitas kita.

1. Tenggelam di Sosial Media (Sosmed)

Bermain Sosmed yang tidak ada perlunya, membuat kreativitas kita kaku. Tak aktivitas lain selain memandangi smartphone dengan segala kecanggihannya.

Solusinya agar tidak mengurangi aktivitas Sosmed yakni sering berkumpul dengan komunitas seide, banyak aktivitas di dunia nyata dan batasi penggunaan sosmed. 

2. Tidak meninggalkan zona nyaman 

Sebagian dari kita merasa nyaman dengan apa yang sudah diraih. Tidak mau membuat ide baru yang dapat merubah kehidupannya maupun orang lain. 

3. Selalu mencari kesempurnaan

Jika orang hanya diam saja dan merasa cukup dengan apa yang dilihat dan dimiliki, maka suatu saat akan muncul pikiran mempertahankan yang sudah ada. Selalu ingin menyempurnakan apa yang dimiliki saat ini. Tidak aku mengambil resiko. 

4. Duduk tanpa melakukan apapun sepanjang hari 

Rasa tanggung dan disiplin terhadap diri sendiri mungkin belum dimiliki. Sehingga seorang merasa bahwa hanya duduk akan mendapatkan sesuatu. Bukan melawan Sang Pemberi Rizki, namun duduk saja bukanlah hal yang baik bagi kehidupan. 

5. Tidak cukup tidur

Kreativitas muncul dari pikiran yang jernih dan penuh ketelitian. Sehingga tidur cukup akan membuat pikiran lebih rileks. Kurangi aktivitas begadang yang tidak ada artinya. 

6. Berlebihan menganalisis segalanya

Terlalu pesimis dan membandingkan sesuatu tanpa bertindak, akan membuat seorang itu ragu dalam melangkah. Sehingga dia berpikir untuk menghindari masalah bukan berusaha memecahkannya. Berlebihan adalah sifat penakut. 

(Lim)

Posting Komentar untuk " 6 Aktivitas yang 'Membunuh' Kreativitas, Satu Diantaranya Sering Kita Lakukan"