Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Pesantren Akan Jadi Pilot Project Aplikasi Jogo Santri


diskominfodemak
doc. Diskominfo Demak

Demak, Biliksantri.com – Kepala Bidang Informatika dan Persandian Kabupaten Demak, Harso Gutomo mengatakan 20 pesantren ditargetkan akan jadi Pilot Project Aplikasi Jogo Santri. Aplikasi tersebut berisi berbagai macam konten diantaranya nama pesantren, lokasi pesantren, dan data pengasuh. Sehingga pada saat diakses akan memberikan informasi tentang pesantren terkait.

Hal itu disampaikannya pada Sosialisasi dan Bimtek Aplikasi Jogo Santri Tahun 2022 di hadapan perwakilan admin Ponpes se-Kabupaten Demak pada Selasa (18/01/2022) di Ruang Rapat Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Demak.

Harso mengatakan aplikasi ini merupakan hasil dari program master plan smart city  yang dibangun tahun 2020 lalu.  Namun dalam perkembangannya tidak ada penambahan data.

“Padahal jika admin dari pesantren aktif dalam menginput data dapat menjadi jembatan pemerintah dan pesantren” katanya.

Sekretaris Diskominfo Demak, Indrijantoro Widodo menyampaikan, Kabupaten Demak salah satu Kabupaten yang dibina untuk membangun kota yang smart. Di dalam konsep pembangunan kota pintar akan menciptakan ekosistem lingkungan yang nyaman dan fasilitas memadai. Ini bisa dibantu dengan namanya teknologi seperti Aplikasi Jogo Santri.

“Saya yakin jika di kembangkan, pesantren tidak akan merasa dirugikan,” imbuhnya.

Sementara itu, Perwakilan Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI NU) Arifin mengungkapkan, jika semua informasi sudah dapat tercover di Jogo Santri akan menjadi media promosi yang bagus dan pertanggung jawaban pengelola pondok pesantren. Bukan hanya orang Demak saja yang dapat melihat informasi tersebut, melainkan tingkat Nasional hingga Internasional. 

(Lim)

Posting Komentar untuk " 20 Pesantren Akan Jadi Pilot Project Aplikasi Jogo Santri"