Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Unsur Makna Lafadz اشهد pada Kalimat Syahadat


Jepara, biliksantri.com - Setiap orang Islam, baik yang beragama Islam sejak kecil, maupun muallaf, pasti membaca 2 kalimat syahadat (syahadat Tauhid dan syahadat Rasul). Tapi masih banyak yang belum mengetahui arti dari kalimat syahadat tersebut.

Dalam kajian yang disampaikan oleh Ustadz Muhammad Shodikin, saat rutinan MDS Rijalul Ansor PAC GP Ansor Mayong di masjid Baitul Mujtahidin Desa Kuanyar Selasa (15/03/2022), ia menyampaikan ada 3 unsur makna yang terkandung dalam lafadz اشهد dalam 2 kalimat syahadat, yaitu:

Pertama, مشاهدة البصر musyahadatul Bashor (melihat dengan mata) 

Artinya kita bisa melihat dengan mata kita akan kehebatan dan kekuasaan Allah, begitu juga melihat sifat-sifat Allah yang tidak memiliki kekurangan. 

Kedua, مشاهدة البصير musyahadatul Bashir ( melihat dengan hati) 

Artinya setelah kita meyakini Allah dengan penglihatan mata kita, kita meyakininya di dalam hati, karena tempat untuk meyakini sesuatu adalah dengan hati, sedangkan akal untuk memikirkan sesuatu atau melogikakan sesuatu.

Sama halnya dengan cinta yang berawal dari mata turun ke hati, syahadat juga demikian, dari mata turun ke hati pula. 

Ketiga  اذغان Idzghon ( tunduk) 

Artinya Artinya tunduknya seorang hamba kepada Tuhannya yaitu Allah SWT.

Sehingga orang ketika mengucapkan 2 kalimat syahadat, dia juga melihat dengan mata atas kekuasaan Allah SWT, meyakini dengan hati dan tunduk kepada Tuhannya yaitu Allah SWT.

(Mus/Lim)

Posting Komentar untuk " 3 Unsur Makna Lafadz اشهد pada Kalimat Syahadat"