Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

NU Online Berbagi Tips Menulis Opini di Kelas Biliksantri

nuonline
Kontributor NU Online, Muhammad Farid saat memaparkan materi opini (doc. Uchil)

Jepara, biliksantri.com - Menulis opini bukan sekadar menyampaikan pendapat, melainkan membuat tulisan yang memuat gagasan terhadap suatu fenomena.

Hal ini disampaikan oleh kontributor NU Online asal Kudus, Muhammad Farid dalam pelatihan menulis opini yang diadakan oleh Lembaga Pers dan Penerbitan (LPP) PAC IPNU IPPNU Mayong, dalam rangka memperingati HUT biliksantri.com yang ke-2 pada Ahad, (20/03/2022) di Gedung SMK Islam Manba'ul Ulum, Buaran, Mayong, Jepara. 

Pada kelas menulis yang dihadiri puluhan peserta itu, Farid menjelaskan opini dapat ditulis dari berbagai sumber, seperti hasil diskusi atau refleksi yang ditulis secara ringkas. 

"Jadi, kalau tidak ringkas itu bukan opini, karena opini itu dibaca sekali duduk," kata Redaktur Suara Nahdliyin itu.

Menulis opini menurut Farid juga bisa dengan quotes ataupun kalimat pertanyaan yang menggugah pembaca.

"Dari qoutes, kita bisa jelaskan dan kaitkan dengan fenomena yang ada saat ini,"  tambahnya lebih lanjut. 

Selain itu, Farid melanjutkan, opini yang ditulis harus memuat beberapa kriteria, di antaranya ringkas, kritis, analitis, dan mudah dipahami pembaca. 

"Kita bisa siasati dengan membuat kerangka berpikir untuk memfokuskan bahasan kepada pembaca, intinya hindari pengulangan paragraf yang intinya sama," jelasnya.

Lebih lanjut, ketika ingin menulis opini, perlu memperhatikan karakteristik media yang akan dituju. Hal ini juga berlaku pada sasaran pembaca, apakah lokal, nasional atau Internasional. 

"Bisa menggunakan prinsip local to global atau sebaliknya, yang terpenting adalah mencoba dan terus mencoba," tandasnya.

Sementara itu, salah satu peserta, Lidia Tri Rahayu mengaku senang untuk belajar bercakap melalui media, terutama opini. 

"Senang tentunya, saya bisa olah pikir melalui opini yang nanti tak kirim ke media," ungkapnya. 

Kelas menulis opini yang digelar oleh biliksantri.com itu merupakan kelanjutan dari kelas berita yang sebelumnya diadakan. Selanjutnya biliksantri.com akan mengadakan Kelas Riset yang juga akan melibatkan pemuda-pemudi di Kecamatan Mayong. 

Muhammad Haidarullah, Ketua LPP berharap agar kelas demi kelas yang diadakan akan melahirkan generasi pecinta literasi khususnya di Mayong. 

"Semoga bermanfaat dan biliksantri makin dikenal masyarakat," ungkapnya.

(Alf/Red)

Posting Komentar untuk "NU Online Berbagi Tips Menulis Opini di Kelas Biliksantri"