Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pekerjaan Rumah (PR) Bukanlah Hantu

 

pr
sindonews.com

Biliksantri.com - Belajar bagi usia anak, suatu tugas harian untuk mereka, karena dengan belajar akan menghilangkan kebodohan diri sendiri. Tugas di kelas sebagai tambahan dari pelajaran guru. Ketika Pekerjaan Rumah (PR) bisa dikerjakan sendiri atau dibantu orang tuanya sendiri.

PR bukanlah suatu yang menakutkan, dengan adanya PR siswa akan terus belajar, beda dengan tingkat remaja hingga di kampus. PR tingkat dewasa tidak ada itu suatu kelumrahan, karena tingkat tinggi belajar di rumah sudah tidak dikejar-kejar. Adanya tugas yang bisa membangun merangsang suatu penelitian.

Maka dari itu, PR tingkat dasar adalah suatu keharusan yang ada, karena jika tidak ada PR sama sekali, anak-anak kebiasaan tidak belajar di rumah. Ketika tidak ada PR apalagi tidak ada tugas Prakarya untuk dibawa dan praktik di kelas. Sekolah menyenangkan adalah belajar yang disukai anak-anak.

Dengan sekolah yang akan membangun siswa menjadi menyenangkan, maka akan terasa belajar dunia anak seakan banyak bermain. Usia yang dasar didekati dengan cara merangkul dunia mereka.

Tanpa harus menekan siswa harus bisa ini itu, cukup dengan kebiasaan anak bermain apa, disitu ajarkan membuat karya yang serupa dengan mainan yang sering di dekatnya.

Dengan demikian, belajar akan semakin menyenangkan, anak bahagia, orang tua bangga, dan guru langsung bisa masukan materi ketika anak sudah terbiasa senyum tawa mereka.

 

*Maftuhan, Pengelola Taman Baca Rumah Kreatif di Bologarang Grobogan, Jawa Tengah

Posting Komentar untuk "Pekerjaan Rumah (PR) Bukanlah Hantu"