Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Silaturahim ke PBNU, ICMI Dorong Pemberdayaan Ekonomi Pesantren

 

pbnuicmi
Ketua umum ICMI, Arif Satria bertemu Ketua Umum PBNU, KH. Yahya Cholil Staquf (doc.tvnu.id)

Jakarta, biliksantri.com - Pesantren di Indonesia cukup bervariasi. Ada yang besar, menengah dan kecil. Perlu adanya dorongan untuk pengembangan pesantren terutama dalam pemberdayaan ekonomi.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Arif Satria saat berkunjung ke kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Jalan Kramat Raya 164, Jakarta Pusat. pada Selasa (22/03/2022). 

Arif berpandangan bahwa pesantren adalah tempat strategis dalam penberdayaan ekonomi umat. NU dianggap memiliki konsentrasi yang besar serta pengalaman luar biasa dalam dunia pesantren.

"Salah satu program ICMI yakni incubator ekonomi untuk pesantren. Tim kami sedang mempersiapkan desain programmya dan akan disinergikan dengan program NU," katanya.

Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) itu menambahkan nantinya akan dipilih salah satu pesantren yang bisa dan siap menerima pengembangan konsep incubator ekonomi tersebut. 

Selain itu, ICMI juga mendorong pentingnya literasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) bagi para mubaligh dan da'i. Keduanyaa memiliki peran penting dan sangat berpengaruh untuk proses transformasi (pemahaman) terhadap umat Islam.

"Pemahaman IPTEK dan situasi terkini, semakin baik dikuasai, maka semakin mudah untuk bertranformasi," ujarnya.

(Lim)

Posting Komentar untuk "Silaturahim ke PBNU, ICMI Dorong Pemberdayaan Ekonomi Pesantren"