Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kiai Asnawi Kudus: Ketetapan Allah itu Kadang Tak Sesuai Keinginan Manusia

KH. Ahmad Asnawi (tengah) saat memberikan tausiyah di Haul KH. Rosyidi di aula MTs Nurul Ilmi Bategede (Foto: Salim)

Jepara, biliksantri.com - Allah SWT itu membuat keanehan-keanehan yang terjadi di dunia. Hal itu bisa dilihat awal mula penurunan Nabi Adam dan Hawa dari surga ke dunia. 

Nabi Adam sekaligus Rasul, memimpin dunia bersama isterinya. Puluhan tahun baru bertemu, keduanya dikaruniai anak kembar. 

"Dari sekian anak, cerita Qobil dan Habil yang terkenal," ungkap KH. Ahmad Asnawi dari Kudus pada acara KH. Rosyidi ke-35, Pendiri Yayasan Islam Nurul Ilmi Nalumsari pada Selasa (30/08/2022) di Aula MTs Nurul Ilmi Bategede.

Yi Asnawi melanjutkan, saat masih sedikitnya manusia pada waktu itu, Qabil tidak terima ketentuan Allah SWT. Padahal perintah Allah sudah jelas yakni Qobil menikah dengan Labuda dan Habil dengan Iqlima.

"Itu membuktikan bahwa ketentuan Allah itu terkadang tak sesuai harapan manusia," terang Yi Asnawi. 

Lebih lanjut, ia mencontohkan saat Nabi Adam dan Hawa diturunkan ke Bumi. Padahal kalau kita lihat, di surga itu tak kurang apapun dari semua keinginan. Hanya karena memakan buah khuldi, keduanya harus rela turun ke bumi mencari penghidupannya sendiri dengan usaha. 

"Itu sudah menjadi sunatullah bahwa penciptaan manusia itu menjadi Kholifah di bumi, jadi memakan buah khuldi itu termasuk skenarionya Allah sejak dulu," pungkasnya. 

Hadir dalam acara itu yakni seluruh Bapak Ibu Guru di Yayasan Islam Nurul Ilmi dan Badan Pembantu Pelaksana Pendidikan (BP3). 

(Lim)

Posting Komentar untuk "Kiai Asnawi Kudus: Ketetapan Allah itu Kadang Tak Sesuai Keinginan Manusia"