Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Orang yang Tidak Mau Keluar dari Daerahnya, Berarti Tidak Cinta Tanah Air


Karnaval salah satu desa di Jepara dalam rangka Peringatan HUT RI Ke-77 

Biliksantri.com - Belakangan ini kita terus menggembar-gemborkan cinta tanah air. Tak sedikit banyak yang tidak tahu bagaimana cara mencintai tanah air kita.

Orang yang benar-benar cinta tanah airnya adalah mereka yang mau keluar dari daerahnya untuk menuntut ilmu pengetahuan dan pengalaman dalam segala bidang, seperti: di bidang perdagangan, pertukangan yang nantinya dapat disumbangkan pada tanah air.

Atau mereka keluar dengan tujuan mencari penghasilan untuk dapat memenuhi kebutuhannya. Dimana penghasilannya itu mereka bawa lagi ke daerah lain dan setelah pulang kampung mereka dapat membawa banyak manfaat bagi tanah airnya atau dapat membuka usaha di daerahnya sehingga dapat bermanfaat bagi tanah airnya.

Penyair berkata: "Keluarlah dari tanah airmu untuk memperoleh keagungan. Pergilah, karena dalam bepergian itu ada lima kegunaan, yaitu: menghilangkan kesempitan, mencari penghidupan, menuntut ilmu pengetahuan, memperoleh budi pekerti baik, dan banyak sahabat yang baik-baik, meskipun dalam bepergian itu dikatakan merupakan pekerjaan hina, banyak menyulitkan dan memutuskan tali persaudaraan. Akan tetapi bagi seorang pemuda lebih baik mati daripada hidup di daerah yang penuh dengan orang yang mengadu domba dan dengki."

Maka wajib bagi engkau untuk mencintai tanah air dan memperjuangkannya sebatas kemampuan yang engkau miliki, meskipun dengan meninggalkan daerah asal untuk memperoleh kemanfaatan yang dapat disumbangkan pada tanah air, serta melindunginya dari bahaya yang mengancam agar keadaan masyarakat tetap tentram.

(كتاب التحليه و الترتيب : Kiat Mendidik Jiwa dan Menjaga Jasmani) كاراعان سيد محمد

Lim

Posting Komentar untuk " Orang yang Tidak Mau Keluar dari Daerahnya, Berarti Tidak Cinta Tanah Air"