Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bekali Sikap Bermoderasi, KKN Besito 1 Gelar Seminar di SMK Raden Umar Said

kkn-unisnu-jerpara-besito-gelar-seminar-moderasi-beragama-di-smk-umar-said

Kudus, Biliksantri.com - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Besito 1 Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara menggelar Seminar Moderasi Beragama di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Raden Umar Said Kudus Besito, Kecamatan Gebog pada Sabtu (04/02/2023).

Seminar kali ini bertujuan untuk membekali anak-anak kelas XII SMK Raden Umar Said Kudus yang akan terjun ke masyarakat atau melanjutkan studi di perkuliahan. 

"Moderasi beragama ini sangat diperlukan sebagai solusi untuk menciptakan kehidupan keagamaan yang rukun serta seimbang baik dalam kehidupan pribadi, keluarga, bermasyarakat, bernegara maupun kehidupan beragama," ungkap Putri Rohmawati, selaku Ketua Panitia.

Seksi  Pendidikan Agama Islam Kementrian Agama Kabupaten Kudus, Agus Siswanto,  menjelaskan bahwa Moderasi Beragama menjadi salah satu program yang diprioritaskan pemerintah untuk membanngun kehidupan beragama yang harmonis dalam bingkai kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Moderasi Beragama sekarang menjadi pondasi membangun masyarakat berbangsa dan bernegara dibingkai dalam agama untuk menciptakan masyarakat harmonis di Negara Indonesia,” tuturnya.

Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Unisnu Jepara, Mayadina Rohmi Musfiroh menjelaskan bahwa terdapat 4 prinsip utama dalam moderasi beragama diantaranya memiliki komitmen kebangsaan, anti kekerasan, toleransi atau saling menghormati.

“Sebagai manusia dewasa, kita harus punya empat dasar  membangun kehidupan dalam keragaman, komitmen kebangsaan, anti kekerasan, toleransi dan penghargaan terhadap tradisi,” jelasnya.

(Faizah, Hai/Al)

Posting Komentar untuk " Bekali Sikap Bermoderasi, KKN Besito 1 Gelar Seminar di SMK Raden Umar Said"