Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Porseni XIV PAC Mayong: Lomba LBB Minim Peminat


pesrta-lomba-lbb-porseni
Pesreta Lomba LBB Porseni PAC Mayong

Jepara, Biliksantri.com – Sesuai jadwal yang ditetapkan oleh panitia, mata lomba LBB Porseni Konferancab XIV PAC IPNU IPPNU Mayong Tahun 2023 dilaksanakan pada hari Sabtu (25/02/2023) di halaman SMA Negeri 1 Mayong.


Lomba LBB ini hanya diikuti oleh empat peserta, yaitu dari IPNU IPPNU ranting 2 dan 3 Pancur, ranting Kedungombo Karang Panas (Kompas) dan dari komisariat SMK Hasan Kafrawi Pancur. 

Minimnya peminat mata lomba LBB ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya yaitu jumlah peserta yang cukup banyak serta butuh waktu persiapan yang panjang.


Di dalam petunjuk teknis pelaksanaan lomba disebutkan bahwa peserta lomba LBB adalah 12 orang yang terdiri dari 1 orang komandan dan 11 anggota regu.


Selain itu, lomba LBB juga membutuhkan latihan rutin dan matang sehingga akan membutuhkan waktu latihan yang cukup lama. 


Hal ini senada dengan yang diungkapkan oleh Amik, salah seorang peserta lomba LBB dari ranting Kompas.


“Kalau dari ranting kami sendiri itu sudah satu bulan yang lalu, cuma ya tidak full satu bulan, ada liburnya juga. Soalnya juga menyesuiakan waktu dari teman-teman untuk latihan”, ujarnya. 


Hal yang sama juga dialami oleh peserta lomba LBB dari komisariat IPNU IPPNU SMK Hasan Kafrawi. Berdasarkan dari pantauan kami, peserta lomba LBB dari komisariat SMK Hasan Kafrawi Pancur melakukan latihan rutin selama tiga minggu penuh. Selama waktu latihan tersebut, juga terjadi beberapa kali pergantian anggota.


Hal ini disebabkan oleh adanya anggota yang kurang disiplin, tidak konsisten, dan juga kurangnnya minat dan bakat dari para anggota. 


Seperti yang kita tahu bahwa lomba LBB membutuhkan kemampuan fisik, keserasian gerakan, dan kekompakan regu. Inilah yang menjadi kendala terbesar bagi para peserta lomba LBB. 


Kendati demikian, mata lomba LBB harus tetap dipertahankan karena dari mata lomba ini akan melahirkan kader-kader IPNU IPPNU yang cakap dalam hal baris berbaris. 


Anggota yang cakap dalam baris berbaris akan dibutuhkan pada momen atau acara-acara tertentu, seperti upacara peringatan HUT RI, upacara peringatan Hari Santri Nasional, dan upacara-upacara formal lainnya.


(ANS)

Posting Komentar untuk " Porseni XIV PAC Mayong: Lomba LBB Minim Peminat"