Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Mahasiswa KKN UNISNU Jepara Berdayakan UMKM Keripik

strategi-mahasiswa-kkn-unisnu-jepara-berdayakan-umkm-keripik


Kembang, Biliksantri.com - Mahasiswa KKN Universitas Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara di Desa Jinggotan merencakanan strategi dalam memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) keripik singkong yang telah bergerak selama 3 tahun milik Ibu Ani pada Jumat (10/02/2023).

Kerja nyata oleh Mahasiswa KKN dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Ali As’ad wajib menggandeng 1 mitra untuk pengabdian berbasis kemitraan untuk mengatasi kendala yang ada di dalamnya secara bersama.

UMKM keripik yang berada di RT 2 RW 4 ini dipilih oleh Mahasiswa KKN Jinggotan 2 untuk diberikan strategi pengembangan produk seperti penambahan jumlah produksi keripik, pemasaran online dan offline serta perizinan usaha di website OSS. 

Menurut Kormades, Wafi mengatakan usaha yang dikelola Ibu Ani sudah baik. Hanya saja hari dikembangkan lebih lanjut dan diperluas jangkauannya.

"Makanya dari Tim kami mau membantu sebisanya, tapi semoga saja bisa menyelesaikan kendalanya dengan baik," katanya.

Dalam perkembangan zaman, media digital digunakan untuk hal yang berguna, contohnya  Facebook. Hal ini bertujuan untuk pemasaran online serta pengajuan izin usaha secara online dan cepat. 

Sementara itu, Ani sebagai mitra UMKM yang dipilih Tim KKN mengatakan sangat terbantu dalam proses produksi sampai pemasaran produk keripik.

"Alat yang sudah ada dari KKN sudah saya gunakan tapi masih bingung gimana caranya biar pas sesuai ukuran seperti biasanya, dan sudah saya belikan pisau lagi untuk mengiris singkongnya biar pas”, tuturnya.

Selain itu, Tim KKN Jinggotan 2 melakukan upaya sertifikasi halal terhadap produk keripik singkong Ibu Ani di website sihalal.go.id. Agar kedepannya bisa menjadi suatu usaha yang berhasil.

(Viva/Lim)

Posting Komentar untuk " Strategi Mahasiswa KKN UNISNU Jepara Berdayakan UMKM Keripik"