Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenalkan Maggot, Pakan Alternatif Lele yang Murah



Jepara, Biliksantri.com - Tim Kelomppk Kerja Nyata XV Universitas Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara menggelar pelatihan budidaya maggot di mitra budidaya lele “Kurnia Fish” di desa Sukosono pada Jumat (04/08/2023). Pelatihan ini mengenalkan maggot sebagai pakan alternatif lele. 

Pengenalan maggot ini dilatarbelakangi oleh banyaknya pembudidaya yang mengeluh akibat tingginya harga pakan. 

Maggot yang telah dikembangkan oleh Pak Masruchin selaku pemilik “Kurnia Fish” diharapkan dapat menjadi sumber pakan alternatif pada budidaya lele, guna menekan biaya pakan yang tinggi.

“Maggot ini berasal dari lalat hitam Black Soldier Flies (BSF) dan salah satu pakan alternatif yang berkualitas untuk ikan maupun ternak,” jelas Damang selaku pengurus pakan Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Kabupaten Jepara.

lebih lanjut, ia memaparkan kandungan protein (mencapai 38%) dan lemak yang cukup tinggi (20%) serta mudahnya dalam budidaya, menjadikan maggot semakin menarik untuk dikembangkan. 

Budidaya maggot dapat dilakukan dengan cara sederhana dan biaya yang murah. Selain akan menyediakan sumber protein yang murah, juga merupakan salah satu kegiatan pengolahan sampah organik yang dihasilkan dari dan ditangani di skala rumah tangga.

Alat dan bahan yang digunakan untuk budidaya manggot berupa kandang, biopond, telur maggot, jaring, tempat bertelur lalat BSF.

Kegiatan pelatihan diberikan secara lengkap mulai dengan penyuluhan tentang teknis budidaya maggot dari penetasan telur sampai dengan pembiakan lalat dewasa.

(Alf/Lim)

Posting Komentar untuk " Kenalkan Maggot, Pakan Alternatif Lele yang Murah"