Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cetak Sustainable Leaders, PW Jateng Gelar LAKUT Eks-Karesidenan Pati

 





Grobogan, Biliksantri.com – Salah satu upaya Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama’ (IPNU) dan  Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama’ (IPPNU) mencetak para pemimpin organisasi yang mampu menjadi motor penggerak IPNU dan IPPNU ialah melalui pengkaderan IPNU IPPNU pada jenjang tinggi organisasi yang disebut LAKUT (Latihan Kader Utama). 


Latihan Kader Utama Pimpinan Wilayah IPNU IPPNU Jawa Tengah Korda/Korcab Pati 2023 ini diikuti oleh para kader IPNU dan IPPNU Eks-Karesidenan Pati Provinsi Jawa Tengah yang terdiri dari 7 pimpinan cabang anggota. Diantaranya: Jepara, Kudus, Pati, Grobogan, Rembang, Lasem, dan Blora.


Pengkaderan tersebut mengusung tema "Be a Moderate and Sustainable Leaders". Kegiatan ini berlangsung pada Kamis-Ahad, (31-03/08/2023) di Kampus II MTs Manba'ul A'laa Purwodadi, Grobogan. 


Salman, Ketua Koordinator Daerah IPNU Pati mengungkapkan bahwa kegiatan ini dapat mencetak pemimpin yang moderat dan berkelanjutan di masa mendatang.


"Kami mengambil tema ini karena orientasi Lakut memang dalam rangka mencetak pemimpin. Pemimpin yang diharapkan adalah pemimpin yang moderat dan berkelanjutan. Korda Pati membutuhkan pemimpin-pemimpin yang bisa mengayomi, berpikir moderat (tengah-tengah) dan tidak hanya berhenti pada dirinya," ungkapnya.


Salman memaknai bahwa sustainable memiliki arti kader mampu menghidupi kader selanjutnya sesuai tujuan organisasi.


"Makna berkelanjutan artinya kader itu harus menghidupi dan mencetak kader-kader yang banyak dalam hal ini secara tujuan personal dan organisasi di Korda Pati,"ucap Salman.




Dalam proses pelaksanaannya, peserta lolos administrasi sejumlah 64 orang dari 7 Pimpinan Cabang melaksanakan kegiatan Pra LAKUT yang bernama "SKB" (Sekolah Kader Berkelanjutan). Kegiatan SKB merupakan ajang berdialektika untuk menggali pemikiran para calon kader utama.


"Fungsinya agar para peserta lebih siap untuk mengikuti kegiatan LAKUT dan target pencapaian kegiatan ini bisa tercapai dengan maksimal," ujar Aini selalu Ketua Panitia Lakut PW IPNU IPPNU Jawa Tengah Korda/Korcab Pati 2023.


Ketua Pimpinan Wilayah (PW) IPNU Jawa Tengah, M. Irfan Khamid berharap bahwa peserta Lakut tidak menyia-nyiakan kegiatan ini sebagai proses upgrade diri.


"Para peserta di sini adalah perwakilan dari daerahnya masing-masing. Jadi jangan sia-siakan kesempatan dan momentum ini yang kemudian menjadi upgrade diri  untuk wadah pembelajaran dan untuk menambah ilmu," katanya.





Nan/Alf

Posting Komentar untuk " Cetak Sustainable Leaders, PW Jateng Gelar LAKUT Eks-Karesidenan Pati"