Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tidak Apa Jalani Saja, Nanti Lama-Lama Juga Terbiasa




Biliksantri.com - Memasuki dunia kerja memang dituntut untuk serba bisa. Hal tersebut menekankan kita untu menguasai segala hal. Bagi orang yang baru memasuki dunia kerja dan tidak sesuai passion, hal tersebut sangat berat bila dijalani. Apalagi didukung lingkungan yang toxic dan berlomba-lomba hebat di depan atasan.


Menjadi orang baru pada generasi Generasi Z dipandang serba bisa terutama dalam hal Informasi Teknologi (IT). Generasi Z sering diminta tolong dan disuruh dalam berbagai hal yang melebihi job desknya karena dianggap serba bisa dalam segala hal. Apabila disikapi dengan cemberut dan berat hati, akan menjadikan pekerjaan tersebut terpaksa dan terasa berat. 


Kebiasaan yang dipaksa dalam durasi lama dapat menjadikan suatu potensi dan skill yang dimiliki oleh seseorang. Suatu skill apabila diasah secara terus menerus, dapat menghilangkan pandangan pekerjaan itu berat dijalani sebab sudah terbiasa dikerjakan dan bukan hal baru. 


Berikut ini cara menyenangi pekerjaan yang kita senangi:


1. Fokus terhadap pekerjaan sekarang untuk meningkatkan skill. 


Meski awalnya terasa berat apabila seseorang sudah menguasai justru seseorang lebih dipercaya dalam bidang tersebut.


2. Jangan takut mengambil tantangan baru


Tantangan baru yang muncul jika dipandang orang lain, makaseseorang tersebut multitantenta dan multitasking. Hal ini dapat menambah value terhadap diri sendiri, dapat dipercaya, dan bahkan naik jabatan.


3. Bergaul dengan bidang yang ditekuni.


Untuk menjalankan pekerjaan yang tidak sesuai, tetapi memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar cobalah bergaul dengan sesama ahli di bidang tersebut. Apabila sudah memiliki teman yang sefrekuensi dapat menambah semangat untuk bekerja. 


4. Jadikan hobi dan niatkan ibadah.


Pekerjaan yang sudah berulang kali dapat dijadikan hobi untuk bersenang-senang. Kebiasan ini memiliki keuntungan dapat menambah relasi yang berbeda dari sebelumnya. Pekerjaan yang disenangi dan diniati ibadah dapat menambah keberkahan dalam hidup. Sehingga pentingnya membangun rasa senang terhadap pekerjaan dapat meningkatkan kinerja dan produktivas.


Hal tersebut sesuai dawuh KH. Maimun Zubair (Mbah Moen) yang menuturkan bahwa “Amalan apapun tidak jadi masalah, yang penting dikerjakan dengan hati senang, karena amalan sebaik apapun kalau tidak dikerjakan dengan hati senang, maka akan sia-sia”.


Ditulis oleh Alfia Ainun Nikmah

Pimpinan Redaksi Biliksantri.com


Editor : M. Nur Salim

Posting Komentar untuk " Tidak Apa Jalani Saja, Nanti Lama-Lama Juga Terbiasa"