Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bantu Masalah Mental, PC Jepara Latih Konselor Sebaya di Mayong






Jepara, Biliksantri.com - Banyakanya masalah mental yang dihadapi remaja seperti stres, depresi, insecure, sehingga dibutuhkan peran penanganan sesama teman sebaya.

Pimpinan Cabang  Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Jepara sebagai organisasi pelajar  bekerjasama dengan Universitas Nahdlatul Ulama melakukan Bimbingan Remaja Usia Sekolah Desa Singorojo. Acara ini berlangsung di gedung Muslimat NU Singorojo pada Ahad (14/01/2023).  Acara ini dihadiri oleh puluhan kader dari berbagai ranting dan anggota PAC Mayong. 


Ajeng wijayanti selaku  Pimpinan Cabang IPNU IPPNU Jeparamengatakan tujuannya kegiatan ini yaitu membantu generasi muda menyelesaikan masalahnya terutama dalam segi mental. 

"Kalau kita ada masalah kebanyakan bukan cerita tetapi menyakiti dir sendiri akibat depresi dan bahkan bunuh diri," ujarnya.


Ajeng menambahkan hal tersebut dapat diatasi dengan cara yakni (1) mengenali kelebihan dan kelemahan (2)  Membangun Jembatan Harapan, dan (3) mengenali Tantangan dan Problematika.



Sementara itu, Uswatun Khasanah selaku pemateri kedua mengungkapkan pentingnya memiliki bestei yang dapat dijadikan konselor dalam berbagai cerita.


"Terkadang seseorang itu tidak butuh dinasehati dia hanya butuh di dengar, sehingga perlunya rekan ipnu ippnu menjadi konselor sebaya untuk teman sekitar," ungkap Uswatun.







Ia menambahkan Syarat menjadi seorang konselor sebaya adalah memiliki minat yang kuat dan suka rela untuk membantu orang lain/teman sebaya

"Kita memiliki ketertarikan dan sikap saling membantu menyelesaikan masalah teman kita untuk mengurangi angka bunuh diri," ujarnya.

Kegiatan ini bagain dari program Gerakan Keluarga Maslahat NU (GKMNU) yang ditujukan untuk membimbing konselor muda.

“Kegiatan konselor ini hampir sama seperti kegiatan GKMNU. Kalau GKMNU sasarannya ke warga Nahdliyin yang sudah berkeluarga. Nah, untuk bimbingan konselor ini sasarannya kepada usia muda yaitu IPNU-IPPNU”, pungkas Uswatun.



Penulis : Alfia Ainun N

Editor : M. Nur Salim

Posting Komentar untuk " Bantu Masalah Mental, PC Jepara Latih Konselor Sebaya di Mayong"