Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harlah ke-4, KBJ Biliksantri Belajar Nulis Berita dan Fotografi

Pemateri dan seluruh peserta Kelas Berita di SMK Manba'ul Ulum Mayong 


Jepara, Biliksantri.com - Peringatan Hari Ulang Tahun Biliksantri.com yang ke-4 Lembaga Pers dan Penerbitan Pimpinan (LPP)  Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama Putri (IPPNU) kecamatan Mayong kembali mengadakan Kelas Budaya Jurnalistik (KBJ) pada Ahad (03/03/2024). Acara ini diikuti oleh 42 kader Mayong dari ranting dan komisariat sekecamatan Mayong.


Pimpinan Redaksi Biliksantri.com, Alfia mengatakan bahwa pentingnya keterampilan menulis berita dalam merawat eksistensi NU. 


"Kalau kita sering jadi penonton di sosial media, hari ini kita belajar bagaimana bisa memproduksi sendiri hasil tulisan kita," katanya.

Umi Zakiyatun Nafis menjelaskan materi Penulisan Berita dan Fotografi

Dalam kesempatan tersebut, Umi Zakiyatun Nafis selaku pemateri dari Joglo Jateng menjelaskan bahwa syarat utama menjadi produk Jurnalistik ialah harus diupload di media massa.


"Kalau kalian sekedar ngupload di sosial media itu belum produk Jurnalistik. Sehingga kita harus belajar bagaimana tulisan itu bisa dipublikasikan salah satunya berita," jelasnya.


Lanjutnya, ia menambahkan bahwa pembuatan lead (kepala) berita harus selaras dengan judul.


"Jadi penulisan lead itu harus nyambung dengan judul. Dan lead sendiri harus memuat 5W + 1H," tambahnya.



Tak hanya itu, Umi juga menyampaikan bahwa sebagai seorang jurnalis perlu mengambil foto yang apik dengan cara tidak bloking dan objek terlihat jelas.


"Jangan lupa kita juga memfoto dengan cara cara tidak bloking (menghalangi) dan objek yang difoto harus kelihatan jelas," sambungnya.


Rizka Amelia selaku peserta mengaku senang  dapat mengasah keterampilan menulis.


"Senang bisa menulis bersama jadi tahu saat ada acara sendiri kita bisa tulis kegiatan kita sendiri," ungkapnya.


Penulis : Alfia Ainun N

Editor : M. Nur Salim

Posting Komentar untuk " Harlah ke-4, KBJ Biliksantri Belajar Nulis Berita dan Fotografi"