Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bersih-bersih Rumah Menjelang Lebaran, Begini Penjelasannya


Sumber : Dokumen Deposit Photos


Biliksantri.com - Bulan Ramadhan hampir selesai, segala persiapan menjelang Idul Fitri pun tengah dikerjakan hampir semua orang. Mulai dari beli pakaian lebaran, jajanan, stok bensin, kuota dll. Bahkan ada tradisi unik di lingkungan kampung Indonesia yakni bersih-bersih rumah. 


Kegiatan ini merupakan tradisi yang sudah lama dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Aksi bersih-bersih rumah sendiri seakan menjadi hal yang 'wajib' menjelang H-1/H-2 lebaran tiba. 


Aksi kebersihan rumah menjadi penanda bahwa rumah siap untuk menerima tamu. Namun, tahukan Anda darimana tradisi ini berasal dan apa maknanya?. 


Tak tahu persis kapan dimulainya bebersih ini. Namun, Rumah tak hanya dibersihkan, tetapi ada juga yang melakukan pengecatan ulang, renovasi bagian rumah seperti pagar atau atap dll. 


Hal ini bertujuan agar setiap tamu yang singgah saat lebaran nanti, rumahnya terlihat bersih/kinclong. Selain itu, menambah rasa nyaman bagi tamu untuk menjalin silaturahim. 


Bagi pemudik yang ingin pulang kampung, mereka merasa disambut oleh keluarga dengan layak dan terhormat. Inilah sebabnya bersih-bersih rumah menjadi tradisi yang terus dilestarikan.


Selain daripada itu, tradisi menjelang lebaran pun diisi dengan ziarah kubur dan memberikan sedekah berupa nasi/jajan kepada sanak saudara terdekat. 


Kalau di desamu seperti apa tradisinya?. Tulis di kolom komentar ya. 


Akhirnya selamat idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin. Segala kesalahan mohon dimaafkan.


Ditulis oleh :

Muhammad Nur Salim

Dewan Redaktur Biliksantri.com

Posting Komentar untuk "Bersih-bersih Rumah Menjelang Lebaran, Begini Penjelasannya"