Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bangkitkan Ekonomi Desa, Temanggung Luncurkan IMF



Temanggung, Biliksantri.com – Kabupaten Temanggung resmi meluncurkan Islamic Micro Finance (IMF) pada Sabtu, 25 Mei 2024. Peluncuran ini diharapkan mampu jadi solusi membangkitkan perekonomian masyarakat Desa di Temanggung.


Koordinator Wilayah Temanggung, Miftahudin, mengatakan, ekonomi Temanggung membaik melalui IMF


"IMF akan sangat membantu bagi semua warga maupun masyarakat semua kalangan diharapkan dapat menyelesaikan kesenjangan ekonomi dan sosial yang terjadi selama ini, memberikan peluang usaha baru, dan mendukung perekonomian lokal secara berkelanjutan," kata Miftahudin dalam sambutannya pada acara peluncuran IMF di pendopo Kabupaten Temanggung


Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Temanggung,  Dyah Sulistyowati M, ST. sebagai Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Temanggung mengapresiasi terhadap seluruh pihak atas berdirinya IMF di Temanggung. 


“Semoga dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan pelaku UMKM serta menjadi langkah awal yang positif dalam memperkuat ekosistem keuangan yang inklusif dan berkelanjutan," ujarnya.


 Founder Islamic Micro Finance (IMF) Ksatria Indonesia Maju – Amanah Kita, Amaluddin M, ST, menceritakan kondisi masyarakat dapat kokoh kembali dari pandemi melalui IMF terutama sektor sembako.



Salah satu program unggulan yang diperkenalkan adalah Merchant atau Warung Sembako Murah. Program ini, diprogramkan oleh Ksatria Indonesia Maju - Amanah Kita (KIM-Amanah Kita), dirancang untuk membantu anggota baru yang ingin membuka usaha di bidang sembako. 


"Program ini memberikan dukungan finansial dan pendampingan manajemen agar para pedagang dapat menjalankan bisnis mereka dengan lebih baik dan efisien," tambah Amaluddin yang menyandang prestasi Pengusaha dan Developer Peringkat ke-3 Nasional.


Hadir dalam acara tersebut Rois Syuriyah PCNU dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Temanggung, KH. Yacub Mubarok, atau yang akrab disapa Mbah Yacub, juga menuturkan bahwa pentingnya IMF ini agar manfaatnya dapat dirasakan oleh semua pihak.


 "Temanggung itu memang daerah bermasalah, maka dibutuhkan sistem-sistem yang dapat mengatasi masalah. IMF (Islamic Micro Finance Ksatria Indonesia Maju Amanah Kita-red) ini adalah satu diantaranya. Insyaallah tidak hanya sekedar melayani masyarakat, tapi memberikan kesejahteraan dan kemakmuran,” ujar Mbah Yacub.


Mbah Yacub sebagai Sesepuh di Kabupaten Temanggung, mengapresiasi hadirnya Kantor IMF di Temanggung untuk Wilayah Jawa Tengah. Karena, penerapan Islamic Micro Finance di berbagai daerah di Indonesia oleh Ksatria Indonesia Maju – Amanah Kita

 

menjadi bukti bahwa konsep ini dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal. Islamic Micro Finance berfokus pada pemberian pembiayaan mikro yang berbasis syariah, membantu usaha kecil dan mikro untuk tumbuh dan berkembang. Hal ini sejalan dengan visi Sky Infrastruktur yang menekankan pada pembangunan yang adil dan inklusif.


 Pimpinan PT. Juanindo, Hendrik Efendi, turut hadir pada kegiatan tersebut dan menyampaikan bahwa perusahaan akan ikut menjadi bagian dari langkah-langkah Ksatria Indonesia Maju - Amanah Kita. 


"Saya berharap dapat bermanfaat untuk banyak orang, khususnya untuk Temanggung. Dengan dihadirkan produk-produk “Amalun” ini akan sangat membantu dan berkah bagi masyarakat. Beliau siap berkolaborasi dan aktif bersama untuk mendukung pertumbuhan ekonomi perdesaan dan memastikan manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat," kata Hendrik.





Pengasuh Pesantren Al-Mujahidin Gondosuli Temanggung KH Arif Zamzami mengatakan, IMF ini bener-bener sesuai syariat Al Qur’an dan Sunnah. Ini akan menjadi solusi ummat terutama dalam ekonomi yang memiliki prinsif Islam.



“Antarodin minkum yang semua saling ridho dan akan mendapatkan ridho Allah Subhanahu wa Ta’ala,” kata Gus Zamzam di Kantor Wilayah IMF Temanggung.



Penulis : Rezqa Taufiq

Editor : Alfia, Ifa

Posting Komentar untuk " Bangkitkan Ekonomi Desa, Temanggung Luncurkan IMF"