Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BKI IAIN Kudus Berikan Bimbingan Rohani kepada Narapidana di Lapas Pati.

Pertemuan Prodi BKI dengan Petugas Pemasyarakatan di Lapas Pati


Pati, Biliksantri.com -Program Studi Bimbingan Konseling Islam IAIN Kudus berikan bimbingan rohani berupa tausyiah, istighosah dan doa bersama di Lapas Pati. Kegiatan ini diikuti oleh Bapak Moh. Anwar Yasfin, M. Pd., Ibu Hj. Farida, M. Si., dan Ibu Hj. Farida Ulyani, M. Pd. dan Mahasiswa volunteer dari kelas D-BKI angkatan 2021 berjumlah 6 orang. 




Dalam bimbingan rohani tersebut,  Moh. Anwar Yasfin, M.Pd., menjelaskan bahwa pentingnya memahami dan mencari makna dalam setiap fase kehidupan, termasuk difase proses pemulihan dan rehabilitasi.


“Kami berharap para napi untuk merenungkan arti hidup serta memperbaiki diri selama menjalani masa hukumannya,”ujarnya.



Selain itu, Farida, M.S.I pemberian pemberian konseling ini sebagai dukungan psikologi dalam mengatasi masalah selama di tahanan maupun setelah lepas dari tahanan.


"Harapannya, napi bisa memperbaiki diri dan memulai kehidupan baru setelah keluar dari penjara,”imbuhnya.



 

Pemberian konseling pada ibu-ibu narapidana di Lapas


Salah satu narapidana mengaku bahwa dengan hadirnya tim dari IAIN Kudus sangat membantu dan banyak memberikan dorongan semangat untuk narapidana.


"Tapi memang di Lapas ini kita benar-benar dilatih untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Kalau memang orangnya (narapidana) menganggap bahwa ditaruh di Lapas itu sebagai wadah untuk membersihkan diri, ya, dia jadi bersih. Tapi kalau pandangannya negatif, ya, malah jadi tambah lagi tidak baiknya," ungkap salah seorang narapidana yang tidak menyebutkan namanya. 




Kegiatan bimbingan rohani kepada narapidana di Lapas sudah dilakukan tiga kalinya, dan akan berlanjut setiap tahunnya mengingat kondisi para narapidana.





 


Nai/Alf

Posting Komentar untuk " BKI IAIN Kudus Berikan Bimbingan Rohani kepada Narapidana di Lapas Pati."