Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

GKS Songo PGMI IAIN Kudus: Sampaikan Pesan Moral Legenda Nusantara Melalui Kesenian

PGMI Menyajikan drama teater Malin Kundang di panggung SKS Songo


Kudus, Biliksantri.com – Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus kembali menggelar Gebyar Kreativitas Seni (GKS) IX (Songo) di GOR IAIN Kudus, Selasa (4/6/2024). 


GKS kali ini usung tema “Menapak Jejak Kebudayaan Nusantara melalui Legenda Nusantara” yang tujuannya untuk mengingatkan pesan moral dari berbagai cerita legenda Nusantara. Hal itu dikatakan oleh ketua Prodi PGMI IAIN Kudus, Retno Susilowati. 


“Saat ini mengadopsi sejarah masa lalu di dalamnya legenda muncul berbagai pesan moral. Kita sampaikan kepada masyarakat mengandung pesan moral sampaikan melalui drama, pentas seni, koreografi dan lain lain.


Pada kesempatan tersebut, Retno juga memberikan apresiasi kepada seluruh mahasiswa yang berhasil mengemas tiga cerita legenda tersebut dengan seru dan kreativitas.


“Selain GKS ini, mahasiswa juga harus punya sertifikat senam dan kursus mahir untuk syarat kelulusan. Alhamdulillah mahasiswa PGMI itu luar biasa kreativitasnya, dikomando langsung bisa jalan,” terangnya.


Ketua Panitia GKS IX, Izza Ainuzzaroh menyatakan, pagelaran ini diikuti oleh 102 mahasiswa yang terbagi tiga kelas dengan mementaskan Malin Kundang, Ande-ande Lumut dan Coban Rondo.


“Ini merupakan agenda tahunan dari Prodi PGMI yang menampilkan mahasiswa semester 6 dengan pentas teater, dan memang wajib untuk mendapatkan sertifikat sebagai syarat kelulusan,” kata Izza.


Tak hanya untuk mendapatkan syarat kelulusan, kegiatan GKS IX juga mengundang beberapa pihak sebagai appreciator, diantara dari Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus yang diwakili oleh Kabid Kepemudaan, Iswahyudi.  


“GKS ini untuk melatih calon guru dengan keterampilan seni, sebelum nantinya mengajarkan siswa-siswa di sekolah di bidang seni maupun budaya,”


Selaras dengan hal itu, Ketua HMPS PGMI IAIN Kudus, Muhammad Miftah Farid bahwa kegiatan ini juga dimeriahkan dengan penampilan kolaborasi angklung dan kolintang dari Gema Nusantara PGMI.


“Kami juga menampilkan karawitan dari Sekara Laras Swara, paduan suara dari Suara Baswara Choir, tari gambyong penyambut tamu undangan dari Giri Sholawat, serta kolaborasi tari kudusan dengan Gema Nusantara,” tambahnya.



Alfia/Ifa

Posting Komentar untuk " GKS Songo PGMI IAIN Kudus: Sampaikan Pesan Moral Legenda Nusantara Melalui Kesenian"