Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunjungi Bawaslu, Perisai Demokrasi Bangsa Laporkan Hasil Pantauan Pemilu 2024

 

Penyerahan Laporan Hasil Pemilu Perisai Demokrasi Bangsa kepada Bawaslu

Semarang, Biliksantri.com– Lembaga Pemantau Pemilihan Umum (Pemilu) Perisai Demokrasi Bangsa datangi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada Kamis (30/5/2024). Kunjungan tersebut dilakukan untuk melaporkan hasil pemantauan pada Pemilu 2024. 


Ketua Perisai Demokrasi Bangsa, M Rikza Hasballa menyebut sejumlah saran dan rekomendasi terkait hasil pemantauan tersebut. Yang pertama adalah terkait kesiapan penyelenggara pemilu baik teknis maupun pengawas.


Kedua, Rikza mendorong agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu menemukan formula yang cepat dan tepat dalam proses penghitungan suara. Hal ini agar lebih efektif dan efisien supaya tidak berlarut-larut. 


“Kami masih menemukan di TPS berbagai daerah, masih penghitungan suara berlangsung hingga dini hari. Sudah tidak kondusif tidak steril KPPS sudah banyak yang lelah, saksi yang tertidur, dan pengawas sudah tidak fokus mengawasi,” bebernya. 


Selain itu, ia juga mendukung Bawaslu Jateng untuk membuka ruang-ruang partisipasi masyarakat dalam konteks pengawasan partisipatif. Baik dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan datang maupun non tahapan lainnya. 


“Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih atas kesempatannya sebagai lembaga pemantau pemilu,” jelas Rikza. 



Perisai Demokrasi Bangsa  menyampaikan secara langsung laporan pemantauan pemilu di ruang Bawaslu

Kedatangan Perisai Demokrasi Bangsa diterima oleh Komisioner Bawaslu Jateng, Nur Kholiq selaku Koordinator Divisi Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat. 


Rikza mengungkapkan, Perisai Demokrasi Bangsa mendapatkan apresiasi positif karena telah menjadi pemantau pemilu yang pertama menyerahkan laporan hasil pemantauan.


“Ini adalah wujud peran nyata kami dari unsur masyarakat dalam konteks pengawasan partisipatif berperan dalam Pemilu dan di Pilkada yang akan datang,” tegasnya.


Dalam waktu dekat, Perisai Demokrasi Bangsa juga akan mengusulkan MoU dengan Bawaslu Jateng terkait upaya-upaya partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilihan. 


“Harapannya, MoU bisa berlangsung untuk saling bersinergi dan memberikan dampak positif bagi semua pihak. Perisai Demokrasi Bangsa sebagai salah satu mitra strategis Bawaslu bisa tetap menjalin kemitraan pasca pemilu maupun nanti ketika non tahapan,” tandas Rikza. (MBC).



Alf/If

Posting Komentar untuk "Kunjungi Bawaslu, Perisai Demokrasi Bangsa Laporkan Hasil Pantauan Pemilu 2024"