Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ratusan Siswa MAN 1 Kudus Pamerkan Produk Hasil Riset


Suasana Keramaian Pengunjung Pameran Karya Ilmiah MAN 1 Kudus


Kudus, Biliksantri.com_ sebanyak 240 siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Kudus yang terdiri 80 kelompok  memamerkan hasil riset pada Pemeran Karya Ilmiah Mansaku Science Week 2024. Acara tersebut berlangsung pada (12-15/06/2024) di Hall Indoor MAN 1 Kudus.


Adapun riset yang dihasilkan seperti alat filtrasi air dan bau, alat pengolah limba rumah tangga, minyak pelembab rambut, hingga jaket anti ngantuk.


Ketua Panitia Mangsaku Science Social Week, Yazida Rizkayanti menjelaskan, pameran ini sebagai panen karya selama pembelajaran riset satu semester. 


"Karena akhir sudah diberikan projek yang bertingkat. Dan pameran ini sudah tahun ketiga," jelas Yazida Rizkayanti selaku Ketua Panitia Mangsaku Science Social Week.


Menariknya pembelajaran riset ini sudah di kenalkan sejak awal pembelajaran. Peserta didik setiap hari menerima pembelajaran riset setiap hari kecuali Jumat di akhir 2 Jam pelajaran terakhir.


"Kalau awal kita kenalkan propsoal dulu mereka mengajukan judul. Baru semester genapnya mereka bisa menulis paper sekaligus membuat produk," terangnya.


Ia menceritakan bahwa pembelajaran riset juga diujikan di akhir kelas XI dengan menggunakan bahasa Inggris.


"Mereka juga kita uji masuk ruangan di hadapkan lima pembimbing, lalu presentasi memakai pengantar bahasa Inggris. Kita memang gembleng untuk siap lomba," imbuh Zida sekaligus guru mata pelajaran riset bidang fisika.


Tah hanya berhenti sebatas produk dari hasil penelitian tersebut, juga diterbitkan sebagai artikel jurnal untuk dipublikasikan.


"Biasanya setelah lomba selesai kita arahkan untuk publikasi jurnal makanya tadi banyak papernya sudah formal jurnal," katanya.


Adapun berbagai  karya tersebut yang telah dihasilkan di madrasah ini juga telah mengantongi beberapa kejuaraan hingga tingkat internasional seperti Brazil, USA, Singapura, dan Hongkong.


"Pernah kita presentasi sampai pagi karena beda waktu presentasi artikel kami dengan negara Brazil," ujarnya.


Alfia/If

Posting Komentar untuk " Ratusan Siswa MAN 1 Kudus Pamerkan Produk Hasil Riset"