Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tampilkan 12 Karya Tari Diseminasi, PGMI IAIN Kudus Kolaborasi dengan 12 MI di Kudus

 

Foto bersama peserta tari desiminasi berkolaborasi 12 MI di Kabupaten Kudus 



Kudus, Biliksantri.com - Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) IAIN Kudus menampilkan 12 Karya tari diseminasi yang bekerjasama dengan beberapa Madrasah Ibtidaiyah Kudus pada Selasa, (26/06/2024) bertempat di GOR IAIN Kudus. 


Sebelumnya, desiminasi ini diwujudkan melalui pengabdian di berbagai lembaga MI di Kudus untuk diajarkan keterampilan seni.


Adapun madrasah tersebut ialah MI NU Miftahul Ulum 01,MI Nurus Shofa, MI Darussa'adah, MI Darul Falah, MI Nurul Huda, Mi NU Pendidikan Islam, MI NU Miftahul Ulum, MI NU Matho'liul Falah,  MI NU Tholibin, MI NU Miftahul Ulum2,  MI NU Tarbiyatuth Thullab, MI NU Bahrul Ulum.


Ketua Program Studi  PGMI IAIN Kudus, Retno Susilowati menerangkan bahwa acara merupakan acara perdana yang memadukan beberapa hasil karya mahasiswa.


"Agenda Perdana yang diadakan PGMI IAIN Kudus yang mana setiap tahun kita sudah melaksanakan tapi cuma Untuk Pagelaran Tari," terangnya.


Ia menambahkan bahwa desiminasi karya ini juga menampilkan berbagai hasil karya mahasiswa mulai dari musik hingga media pembelajaran.


"Ada yang Spesial tahun ini yakni adanya tambahan. Penampilan Seni Musik dari Mahasiswa dan Expo Media Pembelajaran Interaktif serta Expo Produk Prakarya," tambahnya.


Kegiatan Diseminasi  Karya ini merupakan Tugas Akhir semester dari mahasiswa PGMI Semester 4 & 6 meliputi beberapa mata kuliah antara lain Seni Tari dan Drama, Seni Musik, Seni budaya dan . 


Acara Diseminasi ini terbuka untuk Umum dan diikuti oleh Siswa-Siswi dari 12 Madrasah Ibtidaiyah yang ada di kudus yang telah menampilan berbagai Tarian Nusantara. 


Penampilan tari hasil desiminasi PGMI IAIN Kudus


Wakil Dekan 1 Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus,  Ulin Nuha mengaku bangga atas bentuk kreativitas mahasiswa.


"Kami sangat mengapresiasi melaksanakan kegiatan yang luar biasa membanggakan, ini merupakan bentuk Kreativitas mahasiswa yang perlu ditularkan kepada seluruh Prodi yang ada di IAIN Kudus terkhusus di Fakuktas Tarbiyah," ungkapnya 


Sementara itu, Dosen Mata Kuliah Seni Tari dan Drama PGMI IAIN Kudus,  Rakanita Dyah Ayu Kinesti menambahkan Kegiatan ini sebuah bentuk ikhtiar  melatih skill mahasiswa terkhusus dibidang Seni Tari dan dan berjiwa entrepreneur.


"Selain itu membentuk mahasiswa menjadi guru yang profesional juga melatih mahasiswa untuk mempunyai jiwa wirausaha dan kreatif," ujarnya.




Alf/If

Posting Komentar untuk "Tampilkan 12 Karya Tari Diseminasi, PGMI IAIN Kudus Kolaborasi dengan 12 MI di Kudus"