Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menyambut Ramadhan, Selamatkan Kita Dari Siksa Neraka


Biliksantri.com - Umat Islam seluruh dunia sebentar lagi akan kedatangan tamu yang sangat didambakan, yakni bulan suci Ramadhan. Bulan dimana semua amal dilipatgandakan, sampai-sampai tidur saja dapat pahala.

Disamping itu, beberapa hari sebelum kedatangannya, iklan-iklan TV juga berubah menjadi Ramadhan, baleho di pinggir jalanan juga berubah menjadi Ramadhan, toko-toko juga menyambut Ramadhan dengan menjajakan ala Ramadhan, hampir seluruh ummat Islam menyambutnya dengan gembira.

Bagaimana tidak, bulan Ramadhan memang sangatlah istimewa, bulan dimana dikabulkannya doa-doa, bulan dimana ada malam yang lebih baik dari seribu bulan, bulan turunnya Alqur'an bahkan bulan ramadhan adalah bulan pengampunan atas dosa-dosa. 

Seperti halnya keistimewaan bulan ramadhan yang disebut alam kitab durrotun nasikhin 

      من فرح بدخول رمضان حرم الله جسده على النيران           
                                  
Siapa saja yang senang dengan datangnya bulan Ramadhan, maka Allah mengharamkan jasadnya dari api neraka

Ramadhan adalah bagaikan tamu besar, tamu agung, tamu yang dinomor satukan seperti halnya seorang presiden membuat sebuah daerah yang akan didatangi menyiapkan segala sesuatu untuk menyambut kedatangan tamu tersebut. Mereka yang dari jajaran pemerintahan rela siang malam memikirkan konsep bagaimana penyambutan yang terbaik. Rela mengeluarkan uang banyak untuk membiayai segala kebutuhan. Begitu juga masyarakat yang antusias ikut dalam mempersiapkan segala sesuatu, entah dalam hal menata tempat transit, membersihkan jalan-jalan yang akan dilewati oleh tamu, memberisihkan tempat-tempat yang akan dikunjungi bahkan mempersiapkan hidangan khas daerah tersebut.

Yang paling kerennya lagi umat Islam menyambut ramadhan sudah dua bulan sebelum ramadhan yakni di bulan Rajab dengan senantiasa berdoa اللهم برك لنا في رجاب وشعبان وبلغنا رمضان

Sungguh luar biasa bulan ramadhan, bulan yang penuh berkah, bulan yang penuh rahmat, bulan yang penuh dengan ampunan. Semoga kita semua senantiasa gembira dengan rasa syukur atas kehadiran bulan ramadhan sehingga dapat menghantarkan kita terhindar dari api neraka Aamiin.

Penulis Muhammad Yasin Yusuf, santri Ponpes Arrosyidiyah Jepara

Posting Komentar untuk "Menyambut Ramadhan, Selamatkan Kita Dari Siksa Neraka "

Berlangganan via Email