Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketua LD PCNU Jepara Ingatkan Pentingnya Memiliki Pengetahuan Tasawuf dan Tafaqquh


Jepara, biliksantri.com - Ketua Lembaga Dakwah Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (LD PCNU) Kabupaten Jepara, Abdul Wahab Saleem ingatkan warga tentang pentingnya memiliki pengetahuan tasawuf dan tafaqquh. Menurutnya, manusia perlu bermuhasabah agar menjadi insan yang lebih baik lagi. Hal itu disampaikan pada acara Halal bi Halal yang diadakan Banon NU Ranting Pancur 2 pada Selasa, (17/05/2021) di basecamp GP Anshor, Pancur, Mayong, Jepara.

Abdul Wahab Saleem menjelaskan tasawuf adalah tentang baik atau buruk sedangkan tafaqquh adalah tentang sah atau tidak. Jika tasawuf menghasilkan hidayah kalau tafaqquh menghasilkan ilmu. Menurutnya, apabila manusia bertambah ilmunya tetapi tidak tambah hidayahnya bisa jadi akan semakin jauh dengan Allah SWT.

"Tasawuf kui tentang apik lan ora, tafaqquh kui tentang sah utowo ora," Jelas Kiai Wahab.

Lanjut Kiai Wahab dalam tausiahnya juga membahas tentang nikmat yang juga merupakan sebuah ujian. Beliau mengingatkan agar tidak terlena dengan nikmat di dunia karena hal itu adalah bagian dari ujian Allah SWT.

"Diuji nikmat kui terkadang podo ora tahan daripada diuji musibah," tuturnya.

Selain itu, kiai Wahab juga mengajak warga yang hadir dalam halal bihalal tersebut untuk lebih menghormati sesepuh atau Kiai kampung serta perlunya berwawasan luas dan tidak suka menyinggung atau menyalahkan orang lain.

Sementara itu, Tanfidzyah NU ranting Pancur 2, Kiai Fathan berharap adanya halal bihalal tersebut dapat lebih meningkatkan semangat warga ranting Pancur 2 untuk nguri-nguri NU

"Jangan bosan dan harus tetap semangat bersama dibawah bendera Nahdlatul Ulama yang semoga diakui menjadi santrinya K.H Hasyim Asy’ari," ungkapnya.

kegiatan yang diikuti oleh warga NU ranting Pancur 2 tersebut berjalan khidmat dengan mengupayakan aturan protokol kesehatan standar Covid-19.

(Khil/If)

Posting Komentar untuk " Ketua LD PCNU Jepara Ingatkan Pentingnya Memiliki Pengetahuan Tasawuf dan Tafaqquh "

Berlangganan via Email