Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Habiskan Waktu Berlibur, Puluhan Anak Sekolah Mengikuti Juli K(rea)asih di Kali Ilmu Welahan

 



Jepara- Biliksantri.com - Puluhan anak-anak dari tingkat Taman Kanak-kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) memilih menghabiskan liburan sekolah mengikuti kegiatan Juli Kreasih dengan sederet acara. Acara ini bertempat di di halaman terbuka Kali Ilmu, tepatnya di Kalipucang Kulon, Welahan, Jepara pada Minggu, (15/07/2023). 

Nor Islafatun mengatakan bahwa alasan pengadan Juli Kreasih bertepatan bulan liburan sekolah sekaligus  menumbuhkan kreativitas dan empati kepada anak-anak.

"Karena Juli itu bulan liburan, jadi mereka ke sini juga liburan. Padahal kita di sini belajar, tetapi cara penanaman value-valuenya dengan cara yang menyenangkan, jadi anak-anak tidak merasa mereka sedang belajar," kata Islafatun," kata Islafatun.

Nor Islafatun berharap melalui kegiatan Juli Kreasih dapat menumbuhkan kreativitas, berpikir kritis, empati, dan kepekaan sosial.

"Tujuannya untuk menumbuh kreativitas, berpikir kritis, kekuatan literasi, dan empati. Tidak akan lepas dari prinsip-prinsip itu," harapnya.

Acara tersebut dimulai dengan pertama, membaca buku. Kedua, permainan edukatif dengan menebak rempah-rempah. Ketiga, sharing sessions yang terdiri mendongeng (SD), kesehatan reproduksi (SMP), krisis literasi kesehatan di era diital (SMA). Keempat, workshop pararel yang terdiri melukis kata Kali Ilmu (SMP), topi hasil kebunku (SMA), koki kecil (SD). Kelima, berbagi kasih Kamu, dan keenam  penyerahan beasiswa Apresiasi Kamu. 

Nor Khamdanah selaku penerima beasiswa merasa bersyukur dan sangat terbantu meringankan beban orang tua.

"Sebagai penerima beasiswa dari Kali Ilmu saya sangat bersyukur, karena dengan adanya beasiswa yang diberikan, bisa menunjang pendidikan, bisa mengurangi beban orang tua saya serta membanggakan mereka" ungkap Hamdanah.



Penulis : Alfia Ainun N

Editor : M. Nur Salim

1 komentar untuk " Habiskan Waktu Berlibur, Puluhan Anak Sekolah Mengikuti Juli K(rea)asih di Kali Ilmu Welahan"